Selasa, 08 September 2015

Intip Duet Konsep Truk Canggih Fuso

Tangerang Selatan, KompasOtomotif – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menjadikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 sebagai ajang unjuk kekuatan. Dua konsep truk berat (heavy duty) berbentuk Tractor Head dipajang di Hall 3B ICE, BSD City, Tangerang Selatan, 20-30 Agustus 2015. Keduanya berkolaborasi dengan produk andalan lain.

Konsep yang didatangkan langsung dari pinsipal Mitsubishi Fuso Jepang itu adalah FZ 4928 dan FZ 4028. Dua varian tersebut mempunyai teknologi tinggi, dan telah dipasarkan di berbagai negara. KTB sedang mempesiapkannya untuk dipasarkan di Indonesia dalam waktu dekat.

Tractor Head FZ 4928 berpenggerak 6x4 memiliki bodi belakang yang besar dan kokoh namun tetap lincah. Selama pameran, model ini ini ditampilkan dalam bentuk car carrier yang mampu mengangkut enam mobil penumpang sekaligus.

Sementara Tractor Head FZ 4028 berpenggerak 4x2, juga merupakan truk konsep. Sama dengan FZ 4928, varian ini juga sedang dipersiapkan untuk segera dipasarkan di Indonesia dalam waktu dekat. Selama GIIAS 2015, model ini hanya menampilkan bodi sasis, dengan maksud pengunjung dapat melihat langsung mesin dan ”jeroannya”.

Selain dua konsep, ada delapan varian lain yang masing-masing dirancang dengan penggunaan karoseri yang bervariasi mulai daridump truck, car carrier, food truck, hingga flower truck.

KTB menggandeng beberapa pelanggan setia Mitsubishi Fuso untuk turut berpartisipasi seperti Yakult, Yoshinoya, dan Nippon Express. Semua produk yang ditampilkan merupakan refleksi dari kategori pilar kendaraan niaga Fuso, yakni Super Spec, Super Speed, Super Power, Super Economical, dan Super Capacity.

”Pameran ini menjadi kesempatan emas bagi kami untuk menunjukkan eksistensinya kepada dunia, bahwa Mitsubishi Fuso selama 45 tahun mampu menjadi pemimpin pasar di tengah perkembangan pasar otomotif yang menjanjikan di Indonesia,” kata Hisashi Ishimaki, Presiden Direktur KTB.

Pasal Sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2015/08/21/151417515/Intip.Duet.Konsep.Truk.Canggih.Fuso
Read More

Lebih Aman, Mobil Murah Datsun Naik Rp 3,5 Juta

Tangerang Selatan, KompasOtomotif – Datsun Indonesia menambahkan, kantong udara (airbag) pada semua model andalannya yang bersaing di segmen mobil murah alias low cost and green car(LCGC) di Indonesia. Kelengkapan baru ini tapi hanya tersedia di sisi pengemudi, bukan penumpang, dan diklaim membuat Datsun Go dan Go+ Panca jadi semakin aman.

“Kami juga ingin mengumumkan kalau seluruh model Datsun kini sudah dilengkapi airbag pada sisi pengemudi,” ujar Head of Datsun Indonesia Indriani Hadiwidjaja di booth Datsun yang berada di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Tangerang Selatan, Kamis (20/8/2015).

Dengan adanya airbag, lanjut Indri, harga mobilnya kini dibanderol mulai Rp 92,85 juta (tipe D) naik Rp 3,5 juta dibanding model sebelumnya (tanpa airbag). Sementara, Datsun T-Style mengisi varian baru, paling mewah dengan banderol Rp 115 juta, lebih mahal Rp 10,5 juta dari sebelumnya T-Style (varian tertinggi).

Selain airbag, T-Style juga menambah beberapa aksesori, seperti aero kit yang modern, front skirt, rear skirt, dan side skirt serta silver painted center cluster.

Pasar

Indri melanjutkan, sejak diperkenalkan di Indonesia pada Mei tahun lalu, Datsun berhasil menjadi pemain utama di segmen mobil murah (low cost green car/LCGC) dengan pangsa pasar 17 persen sejak dikirim ke konsumen pada Juni 2014 hingga akhir tahun fiskal 2014 pada Maret lalu.

“Kami menargetkan pertumbuhan positif di tahun 2015 ini, salah satunya dengan mengembangkan jaringan diler dari 104 outlet menjadi 127 di tahun fiskal 2015 ini,” tambah Indri.

Pasal Sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2015/08/20/202201115/Lebih.Aman.Mobil.Murah.Datsun.Naik.Rp.3.5.Juta
Read More

Reinkarnasi Fiat 500 Sejak 59 Tahun Silam

Jakarta, KompasOtomotif – PT Garansindo Inter Global (GIG) sebagai pemegang merek dan distributor merek Fiat di Indonesia siap memberikan penawaran eksklusif berupa model khusus. Fiat 500 1957 Edition yang menyandang label edisi terbatas akan hadir dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS), 20-30 Agustus 2015 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Inilah model yang tercipta untuk merayakan ulang tahun ke-57 mobil berjuluk 1957 Nuovo Cinquecento. Modelnya menjadi yang paling lengkap dengan desain bodi retro dan pelek aluminum 16 inci dengan tampilan vintage.

Dengan menjaga lekukan eksterior dan interior Fiat Cinquecento (500), mobil ini berpotensi menjadi populer sebagai city car yang unik danstylish.

”Kami mengajak semua pengunjung untuk hadir di booth kami yang berada di Hall D1 untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Fiat 500 “1957 Edition” dan beragam kelebihan yang dihadirkan,” ujar Rieva Muchsin, Chief Marketing Officer GIG dalam siaran resmi (16/8/2015).

Fiat 500 1957 Edition merupakan premium city car ikonik yang memiliki beberapa fitur terbaru yaitu desain retro dengan warna Celeste (biru muda), matching dengan warna pelek. Lambang ”FIAT” klasik disematkan demi mencerminkan 1957 Nuovo Cinquecento.

Tak hanya itu, model ini tetap dibekali transmisi otomatis dengan 6-percepatan Auto Stick shifter untuk pengendalian yang menyenangkan serta mendapat efisiensi bahan bakar. Dashboard bewarna Bianco(putih) dan kursi duduk berbalut kulit dengan warna Marrone (coklat) dan jahitan Avorio (ivory) untuk menonjolkan interior eksklusif.

Pasal Sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2015/08/18/160653015/Reinkarnasi.Fiat.500.Sejak.59.Tahun.Silam
Read More

Reinkarnasi Klan Lancer Evo Jadi Crossover

Tokyo, KompasOtomotif - Apakah Mitsubishi akan meneruskan klan Lancer Evolution dalam portofolionya? Pertanyaan ini kerap muncul ketika bicara soal masa depan model baru Mitsubishi Motors Corporation.

Keterangan lantas disampaikan oleh Tetsuro Aikawa, Presiden Mitsubishi menyatakan kalau pabrikan sudah menyiapkan generasi baru atau boleh disebut sebagai penerus klan Evolution. Bocorannya, suksesor Evo akan menawarkan perubahan drastis karena berbeda segmen, bukan lagi bertarung sebagai sedan, melainkan menjadi SUV kompak atau crossover.

"Di masa depan, kami berencana meluncurkan kendaraan baru dengan karakteristik Evo. Di Jepang, ketika anda mengatakan 'Oh' untuk Evo, artinya 'raja'. Jadi kami mau meluncurkan kendaraan seperti ini, menawarkan teknologi mobil listrik dan hibrida plug in, yang terdepan di segmennya. EV untuk mobil listrik atau 'O' untuk raja Evo," jelas Aikawa dilansir Autocar (28/4/2015).

Generasi baru Mitsubishi Evo akan diproduksi menggunakan platform ASX atau di Indonesia disebut Outlander Sport. Dugaannya, crossover ini akan menawarkan tenaga yang lebih dahsyat dengan teknologi hibrida plug in andalan terbaru Mitsubishi. 

Sosok Mitsubishi ASV sudah diperlihatkan di Geneva Motor Show dengan nama XR-PHEV II. Sesuai namanya, konsep ini dibekali teknologi hibrida plug ini seperti yang sudah digunakan pada Outlander PHEV dan ditaksir menawarkan tenaga sampai 160 tk. Tapi, sebagai penerus Evo, sepertinya tenaga ini bisa didongkrak lebih besar lagi.

"Ini harus ringan dan cepat, orientasinya kekmampuan. Ini yang kami inginkan," jelas Aikawa. Evo baru ini, jelasnya, juga mendapat banyak masukan salah satunya dari ajang balap menanjak bukit, Pikes Peak Hillclumb ketika menggunakan mobil balap i-MiEV. Semua hasil penelitian yang didapat akan digunakan untuk menciptakan model yang ideal.

Pasal Sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2015/04/30/134000015/Reinkarnasi.Klan.Lancer.Evo.Jadi.Crossover
Read More

Rabu, 19 Agustus 2015

Efisiensi Bahan Bakar Skyactiv Mazda Mirip Hibrida

Ketapang, KompasOtomotif – Teknologi Skyactiv sudah mampu membuat mobil Mazda lebih efisien, lalu buat apa ada model hibrida? Logika ini yang diungkap PT Mazda Motor Indonesia (MMI) ketika ditanya wartawan tentang kemungkinan menjual model dengan dua sumber penggerak di Tanah Air.

Menurut Product Planning Expert MMI Bonar Pakpahan, tingkat efisiensi di mesin Skyactiv sudah bisa mendekati model hibrida. Perbandingan kompresi mesin 13:1 (14:1 di Eropa) membuat pembakaran lebih efisien, hasilnya pemakaian bahan bakar bisa lebih irit.
"Daripada dua mesin (hibrida) mending  satu mesin saja (Skyactiv). Soal efisiensinya, mendekatilah dengan dua mesin hybrid," ujar Bonar di Ketapang, Jawa Timur, Kamis (23/4/2015).

Sebagai salah satu pembuktian MMI menggelar uji irit All-New Mazda2 menjelajah tiga pulau (Jawa, Bali, dan Lombok). Ternyata, hatchbackbermesin Skyactiv-G1.5L ini sanggup menempuh jarak lebih dari 1.000 km menggunakan 44 liter Pertamax, itu berarti kemampuannya lebih dari 22 kpl.

Bonar menjelaskan salah satu alasan konsumen Indonesia membeli mobil hibrida sebab ingin lebih peduli lingkungan. Namun, sebagian besar keunggulan hibrida sudah bisa didapat dengan Skyactiv. Pandangan ini yang membuat MMI masih enggan mencoba menjual model hibrida.

Insentif
Selain keunggulan teknologi, ada hal lain yang jadi pertimbangan menjual hibrida di Indonesia, yakni ketentuan pajak. Bonar mengatakan di beberapa negara pemilik mobil hibrida diberikan insentif dari pemerintah sebab memiliki mobil bermesin dua, tapi di Indonesia, pemilik hibrida malah diganjar pajak dua kali lipat, sebab itu tak banyak peminatnya.

"Alasan yang kedua, Indonesia tidak seperti konsumen di luar yang sudah ada budayanya membeli hibrda," selesai Bonar.

Sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2015/04/25/112402115/Efisiensi.Bahan.Bakar.Skyactiv.Mazda.Mirip.Hibrda
Read More

MPV Jazz Cuma Muat Lima Penumpang

Tokyo, KompasOtomotif - Honda sedang mempersiapkan model terbarunya, Shuttle 2015. Model ini adalah versi wagon dari Honda Fit atau lebih dikenal di Indonesia dengan nama Jazz.
Awalnya, Shuttle 2015 digadangkan sebagai model MPV dengan platform Jazz. Namun dari detail yang ada, Shuttle hanya berkapasitas lima penumpang.

Detail lengkap model dari Shuttle 2015 tersebut sudah terkuak. Beberapa gambar utuh memperlihatkan bodi depan, samping dan belakang, lalu kabin juga ditampilkan utuh mulai dari depan, tengah hingga belakang.


AutoevolutionKabin depan Honda Shuttle 2015

Honda Shuttle 2015 didesain sebagai kendaraan multiguna dengan kelebihan pada ruang kabin yang luas. Kabin tetap didesain buat menampung lima penumpang dewasa. Bagian belakang yang luas tidak mendapatkan tambahan kursi belakang, melainkan difungsikan untuk menempatkan banyak barang.

Ornamen lapis krom terlihat pada pintu dan dasbor. Kesan mewah makin bertambah sistem infotaintment layar sentuh berukuran besar. Banyaknya kompartemen di belakang adalah kelebihan Shuttle 2015. Jok tengah juga bisa diatur rata dengan lantai untuk menambah kapasitas kargo.


AutoevolutionKabin Honda Shuttle 2015

Honda Shuttle mengusung desain tajam layaknya pedang milik samurai. Wajah depan dengan sentuhan baru seperti lampu depan full-LED yang terkoneksi dengan sayap lapis krom. Aura tegas di bagian depan memanjang ke belakang melalui aliran roof rail yang juga lapis krom.

Shuttle 2015 ini tersedia dengan pilihan mesin bensin empat dilinder 1,5 liter dan hibrida, plus sistem penggerak semua roda. Mesin berpadu dengan transmisi matik dan manual tujuh percepatan. Buat model hibrida, Honda mengklaim rata-rata pemakaian bakar mencapai 36,54 kpl.

Sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2015/04/20/110000415/MPV.Jazz.Cuma.Muat.Lima.Penumpang
Read More

BMW Active Tourer Bebas "Dijamah" Warga Jakarta

Jakarta, KompasOtomotif - BMW Indonesia memperkenalkan BMW Seri 2 Active Tourer kepada publik pada acara BMW Active Tourer Exhibition. Acara ini diselenggarakan di BMW Pavilion, The Space – Senayan City, pada 17-19 April 2015.

Event yang berlangsung selama tiga hari ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengetahui lebih banyak seputar Seri 2 Active Tourer. Publik juga bisa melakukan test drive Active Tourer untuk pertama kalinya. 

BMW Active Tourer adalah model yang bercokol pada segmen kompak premium. Kelebihannya memadukan ruang interior lapang, kenyamanan, kepraktisan dan fungsionalitas ruangan dengan keunggulan khas BMW.

“All-new BMW Active Tourer sebagai kendaraan pertama BMW di segmen ini adalah kendaraan yang sangat sempurna untuk setiap aspek dari kehidupan pelanggan kami. Dengan fleksibilitas dan konsepnya yang unik secara keseluruhan, model BMW terbaru ini adalah kendaraan ideal bagi mereka yang memiliki  gaya hidup aktif, serta keluarga muda Indonesia yang menginginkan performa sporty, ruang berlimpah, dan kepraktisan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Karen Lim, Presiden Direktur BMW Group Indonesia dalam siaran persnya.

Karen melanjutkan, BMW Active Tourer ini dapat menjadi pilihan dinamis bagi masyarakat Indonesia untuk berkendara dengan nyaman dan elegan. Melalui acara ini diharapkan masyarakat Ibu Kota dapat merasakan semua kelebihan Active Tourer.

BMW 218i Active Tourer akan tersedia di semua dealer Resmi BMW mulai April 2015. Ditawarkan dengan harga Rp 619 juta (off-the-road). Dilengkapi dengan BMW Service Inclusive, termasuk perawatan rutin tanpa biaya selama 5 tahun atau 60.000 km, serta garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh. 

Konsumen yang hadir juga dapat melakukan test drive menggunakan model BMW teranyar lainnya. Tersedia all-new BMW X5 Advanced Diesel, BMW X4, BMW 3 Series, serta BMW 320i Gran Turismo.

Sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2015/04/19/085607615/BMW.Active.Tourer.Bebas.Dijamah.Warga.Jakarta
Read More